Sunday, March 15, 2009

Konsep OOP ( 1 )

Bahasa Pemrograman merupakan kumpulan perintah-perintah yang dimengerti komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Sedangkan Pemrograman atau Programming merupakan teknik untuk membuat suatu Program dengan menggunakan Bahasa Pemrograman.

Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming) merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek.Untuk lebih memudahkan pemahaman tentang objek, saya beri sebuah contoh : Mesin, Bodi, Ban dan yang lainnya merupakan contoh objek. Objek yang disebutkan tadi umumnya berada didalam sebuah kendaraan bermotor, kendaraan bermotor apabila kita melihatnya dari sebuah garasi bisa

juga dikategorikan sebuah objek dan garasi jika dilihat dari cara pandang yang lebih luas lagi juga merupakan objek, seperti garasi berada di dalam rumah. Jadi sebuah Objek merupakan suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek dimaksud. Objek-objek yang banyak tersebut bisa dimasukkan dalam suatu Class, jadi bisa diartikan kendaraan bermotor tersebut adalah Class.

Kita bisa gambarkan Objek dalam suatu Class

Class adalah kendaraan bermotor

Objeknya adalah Mesin, Bodi, Ban, Rem



No comments:

Post a Comment